Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si. Menerbitkan Buku tentang Pengentasan Kemiskinan-201812031154.jpeg

Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si. Menerbitkan Buku tentang Pengentasan Kemiskinan

SIGn Publisher 03-12-2018

Mengamati perkembangannya, dunia pendidikan kini semakin bersinergis dengan peningkatan kesejahteraan sosial. Institusi pendidikan, khususnya perguruan tinggi ialah salah satu instrumen yang diharapkan oleh negara untuk melakukan kajian dan penelitian yang mampu memberi manfaat pada masyarakat. Institusi perguruan tinggi terus mendorong dan mendukung para akademisi yang bernaung di dalamnya untuk tetap aktif dalam melakukan pengembangan pada masing-masing bidang. Sejumlah besar perguruan tinggi sampai saat ini masih konsisten dengan melakukan penelitian-penelitian dan kajian khususnya dalam ranah sosial.

Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si., seorang akademisi yang beberapa waktu lalu telah dikukuhkan sebagai guru besar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan dinobatkan sebagai profesor ke-387 di Universitas Hasanuddin. Dalam prosesi pengukuhannya, beliau membawakan pidato pengukuhan yang berjudul “Meletakkan Perspektif Gender dalam Pengentasan Kemiskinan.” Prestasi beliau sebagai seorang akademisi sangat cemerlang, terbukti dengan diamanahkannya beberapa jabatan kepada beliau, antara lain: Kepala Puslitbang Kependudukan dan Gender (P3KG) UNHAS pada saat ini, dan Ketua Umum Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) Sulsel pada tahun 2016. Sampai saat ini beliau masih aktif dalam mengampuh beberapa mata kuliah, baik pada program sarjana maupun pasca sarjana Universitas Hasanuddin. Selain aktif pada proses perkuliahan, beliau juga aktif dalam penelitian-penelitian ilmiah pada bidangnya.

Berselang kurang lebih dua bulan setelah prosesi pengukuhannya sebagai seorang guru besar, pada bulan November ini Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si menerbitkan sebuah buku yang bertema sama dengan pidato pengukuhannya. Buku tersebut berjudul “Analisis Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus pada Program Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan)”. Buku ini lahir sebagai bentuk keresahan dan tanggung jawab beliau sebagai akedemisi terhadap masalah kemiskinan. Dalam buku ini beliau kembali membahas perihal kesejahteraan sosial, yang bertitik fokus pada masalah pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Sebagai pihak penerbit, SIGn sangat mengapresiasi karya Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si tersebut mengingat beliau memiliki semangat dalam menjaga nalar dan mengabdi kepada masyarakat.